Kamis, 13 November 2008

Makanan Yang Bisa Turunkan Berat Badan

Diet protein tinggi bertujuan untuk menurunkan berat badan dengan cara mengkonsumsi makanan-makanan yang mengandung protein tinggi, atau dengan kata lain mengurangi konsumsi karbohidrat.

Ragam - MS/AMO

Total kalori yang dihasilkan oleh protein inilah yang disebut dengan diet protein tinggi.

Dalam diet pada umumya, 10-15% kalori berasal dari protein. Sedangkan dalam diet protein tinggi jumlah kalori yang dihasilkan protein mencapai 30-50%.

Menahan selera memegang peran penting

Disamping menahan selera, diet protein tinggi juga mungkin mengubah sistem metabolisme. Saat konsumsi karbohidrat dikurangi, tubuh akan mulai membakar lemak yang ada di dalam tubuh sebagai bahan bakar, tahap ini disebut dengan ketosis. Ketosis bisa menurunkan berta badan, tetapi juga bisa menimbulkan sakit kepala, sikap cepat marah, pening, masalah ginjal dan debaran jantung.

Memulai diet protein tinggi

Ada beberapa jenis diet protein tinggi dan tidak semuanya dikreasikan secara seimbang. Rencana diet protein tinggi yang paling bernutrisi adalah diet yang rendah lemak dengan jumlah karbohidrat sedang, bukannya diet yang tinggi lemak dan rendah karbohidrat.

Sambutlah bistik yang berprotein tinggi

Protein bukanlah jus manis yang terbuat dari bistik. Tetapi jika Anda berhati-hati dan memilih potongan yang kurus maka Anda akan mendapatkan protein dengan lemak yang jauh lebih rendah. Faktanya, potongan daging sapi yang kurus mengandung lebih sedikit lemak jenuh dibandingkan dengan dada ayam yang tidak berkulit dalam ukuran yang sama.

Pilihlah daging yang berwarna putih

Ayam dan unggas bagus untuk diet protein tinggi, dan jika Anda mengkonsumsi daging yang berwarna putih berarti Anda mengkonsumsi lebih sedikit lemak dibandingkan dengan daging yang berwarna gelap. Untuk semakin memangkas lemak, buanglah kulitnya karena kulit mengandung banyak lemak jenuh.

Mengandung protein tinggi, lemak sehat

Ikan mengandung kadar protein yang tinggi dan hampir selalu rendah lemak. Bahkan ikan yang lebih berlemak, seperti salmon, masih merupakan pilihan yang bagus. Hal ini karena lemak yang dikandung ikan biasanya adalah jenis lemak sehat yang dikenal dengan nama omega 3, lemak yang mengandung zat asam. Sebagian besar diet tidak memuat jumlah yang cukup untuk lemak yang baik untuk kesehatan ini.

Telur: harga terjangkau, sehat dan enak

Telur mungkin bentuk protein yang paling klasik dan tentu saja yang paling murah. Asosiasi Jantung Amerika (The American Heart Association), mengatakan bahwa satu telur satu hari aman untuk kesehatan orang dewasa, jadi telur bisa menjadi pilihan saat Anda melakukan diet protein tinggi.

Kacang kedelai: juga mengandung protein tinggi

Produk-produk yang terbuat dari kedelai, seperti yong tahu, burger kedelai, serta jenis makanan lainnya yang terbuat dari kedelai menawarkan protein tinggi yang bernutrisi bagi diet tinggi protein Anda. Selain itu, mengkonsumsi 25 gr protein kedelai setiap harinya juga bisa membantu menurunkan kadar kolestrol dan melindungi Anda dari serangan jantung.

Kacang-kacangan: selain protein juga mengandung serat

Kacang mengandung dua hal penting untuk kesehatan, protein juga kadar serat yang tinggi. Bersamaan dengan protein, serat membuat Anda merasa lebih segar dan membantu menurunkan kolestrol. Untuk kandungan protein, setengah cangkir kacang setara dengan 3 ons steak sate.

Produk susu yang rendah lemak

Jika ingin menambah rasa kepada diet protein tinggi Anda, jangan mengabaikan produk susu sebagai sumber protein. Susu, keju, dan yogurt tidak hanya kaya akan protein, tetapi juga mengandung kalsium untuk menjaga tulang kuat dan jantung yang sehat. Konsumsilah 2-4 takaran saji produk susu rendah lemah atau tanpa lemak setiap hari.

Sereal dan makanan batangan (bars)

Tidak punya waktu? Anda bisa beralih pada sereal dan makanan batangan (bars) yang berprotein tinggi untuk memenuhi kebutuhan diet Anda. Tetapi pastikan, makanan batangan (bars) yang Anda pilih mengandung sedikitnya 6 gr protein dan tidak mengandung terlalu banyak gula atau lemak.

Konsumsilah nasi murni dan serat

Sebagian besar diet protein tinggi membatasi hanya 2 takaran saji nasi dalam sehari. Hindarilah roti putih dan pasta yang hanya menawarkan sedikit nutrisi dibandingkan dengan sepupunya nasi murni. Roti yang terbuat dari beras murni, sereal, dan pasta lebih kaya akan kandungan serat yang bagus untuk orang yang melakukan diet protein tinggi.

Jangan lupa menyajikan buah dan sayuran di atas meja

Tidak perduli betapa pentingnya protein, pastikan bahwa Anda memasukkan buah-buahan dan sayur-sayuran dalam diet protein tinggi. Nutrisi emas ini mengandung antioksidan yang tidak ditemukan di sebagian besar jenis makanan lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa menkonsumsi banyak buah dan sayuran dapat mengurangi risiko terserang kanker.

Tidak ada komentar: